Setelah Lulus SMA Mau ke Mana ?

Setelah lulus SMA mau ke mana ? ... Pertanyaan itu sekarang ada di kepala, karena ternyata gak kerasa si Cikal udah masuk kelas 1 SMA. Agak mending si Cikal, dari SD sampai SMP sekolah di kota, jadi informasi apapun terkait sekolah ataupun peluang kerja sangat mudah diakses. Saya gak terbayangkan ketika itu saya sekolah di kampung. Informasi sangat terbatas.

Kata kuncinya memang adalah informasi. Bagaimana anak-anak di tingkat SMA menerima informasi yang tepat selepas SMA.

Apakah mau kuliah di tingkat sarjana atau di sekolah vokasi. Oh ya, sekolah vokasi tuh dulu dikenal dengan istilah program diploma.

Jangan sampai anak SMA itu nerima informasi (yang mungkin tidak tepat) mengenai langkah melanjutkan sekolah selepas lulus SMA. Biasanya sih, korban ajakan teman-temannya. Termasuk dulupun ketika masuk Institut Pertanian Bogor (IPB) karena diajak teman hehehe ....

Secara umum, tingkat sarjana itu dominan di teori dan pemecahan masalah, dengan beban praktek lebih sedikit. Nah, di sekolah vokasi, kebalikannya.

Itu secara sederhana. Selain itu, dapat juga ikut sekolah program kedinasan. Enaknya program kedinasan atau ikatan dinas atau program beasiswa adalah yang pasti tidak bayar biaya sekolah dan malah ada beberapa sekolah yang sudah memberikan uang saku.

Terkadang ketika milih jurusan pun jadi bingung, saya kira gak mesti suka dengan jurusan yang akan dipilih. Pilih aja jurusan yang menurut informasi atau cerita lulusannya mudah adaptasi di dunia kerja atau berwiraswata.

Sepertinya mau ke mana setelah lulus SMA ini baru sedikit memberikan gambaran mengenai panduan memilih perguruan tinggi atau memilih jurusan di perguruan tinggi. Apabila ada pertanyaan, jangan ragu untuk mengisi format pertanyaan di kontak atau mengisi  komentar ya.
Setelah Lulus SMA Mau ke Mana ? Setelah Lulus SMA Mau ke Mana ? Reviewed by Ghost Ships on 9:28 PM Rating: 5

No comments:

Ad Home

loading...
Powered by Blogger.